Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara mengatasi unfortunately the Process com.android.phone Has Stopped


Cara mengatasi Unfortunately the Process com.android.phone has stopped: smartphone Android saat ini masih menduduki pengguna terbanyak di dunia, mungkin beberapakali Anda harus menghadapi masalah yang membuat Anda frustasi, salah satu masalah yang muncul adalah "Unfortunately the process com.android.phone has stopped. Berikut ini tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara mengatasi unfortunately the Process com.android.phone Has Stopped


Mengapa com.android.phone berhenti bekerja?
Anda pasti bertanya-tanya, apa yang sudah saya lakukan sehingga masalah ini terjadi? Mungkin ada beberapa masalah yang terjadi, seperti toolkit SIM atau aplikasi pihak ketiga yang crash. Setelah memasuki forum dan menyimpulkan masalah yang terjadi, artikel ini akan membahas troubleshooting dari masalah tersebut. Masalah ini terjadi karena:
1.] Menginstal aplikasi pihak ketiga.
2.] Menginstal ROM baru.
3.] Update firmware yang gagal.
4.] Upgrade ke OS Android yang baru.
5.] Restore data.

Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?
Jika com.android.phone Anda tiba-tiba berhenti bekerja, Anda tidak perlu khawatir, Anda bukan satu-satunya orang yang menghadapi masalah ini. Kabar baiknya adalah ada banyak solusi untuk memperbaiki masalah com.android.phone.

Catatan: sebelum melakukan proses perbaikan com.android, sebaiknya Anda mem-backup seluruh data Anda di perangkat Android agar tidak kehilangan data penting.

1. Clear cache dan data Aplikasi toolkit SIM
Solusi paling efisien untuk mengatasi com.android.phone has stopped adalah dengan membersihkan cache dan data aplikasi toolkit SIM di smartphone Android. Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan:
1.] Buka pengaturan smartphone Android Anda.
2.] Sekarang buka App Manager atau Apps (setiap perangkat mungkin berbeda nama).
3.] Masuk ke tab "semua aplikasi" dan cari "perangkat SIM" Anda akan menemukan "SIM toolkit".
4.] Buka toolkit SIM dan Clear Cache dan Clear Data".
5.] Hidupkan ulang smartphone Android Anda.


2. Disable Automatic Date and Time
Serupa dengan cara membersihkan cache dan data, menonaktifkan tanggal dan waktu otomatis sudah terbukti berkali-kali mengatasi com.android.phone has stopped. Untuk mematikan waktu dan tanggal otomatis, cukup masuk ke Settings > ketuk "Date & Time". Disini Anda dapat mematikan waktu dan tanggal otomatis.

3. Boot perangkat Android Anda dalam Safe Mode
Seperti yang telah disebutkan diatas, masalah ini terjadi karena ada kemungkinan crash dari intalasi baru aplikasi pihak ketiga. Untuk mengatasinya, Anda perlu booting perangkat Android anda dalam Safe Mode, dengan cara ini aplikasi dari pihak ketiga tidak akan diaktifkan. Jika dalam Safe Mode perangkat Anda tidak mengalami masalah apapun, berarti aplikasi pihak ketiga yang baru terinstal merupakan sumber masalah tersebut.

 Untuk melakukan booting daam mode aman, tekan beberapa detik tombol power perangkat Android Anda. Setelah itu, tekan lagi beberapa detik tombol Power Off pada layar. Akan muncul konfirmasi untuk boot dalam safe mode.



4. Factory data reset
Pemasangan ulang data pabrik telah terbukti memberikan solusi jitu untuk semua masalah perangkat lunak atau software Android. Sebelum melakukan reset, pastikan Anda sudah mem-backup semua data pribadi Anda. Termasuk kontak yang tersimpan pada perangkat Android Anda.

No comments:

Post a Comment