Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

5 Cara membuat Windows 10 lebih cepat

10 Cara membuat Windows 10 lebih cepat anti lemot - kinerja laptop Anda mulai lambat yang biasanya bekerja dengan performa tinggi? Ada beberapa cara optimasi untuk mempercepat kinerja Windows Anda tanpa menambah atau upgrade memory RAM.

1.] Rubah transparansi tampilan Windows
Menu Start Windows 10 terlihat cantik dengan tampilan transparan, tetapi transparansi ini membutuhkan sumber daya memori. Untuk menghemat pemakaian memori, Anda dapat menonaktifkan transparansi dalam menu Start, taksbar, dan action center. Untuk melakukanya, buka Settings > Personalization > Colors > dan beralih ke Make Start, taskbar, dan action center transparent.


2.] Hilangkan Special Effects
Special effects membuat tampilan pada Windows 10 menjadi lebih manis, tapi ini akan membuat performa juga menurun. Anda bisa menonaktifkan fitur ini, caranya Klik kanan pada tombol Start > klik System > pilih Advanced system settings untuk membuka sistem menu propertis. Pada tab Advanced dibawah Performance klik Settings.

Maka akan terbuka menu pilihan performa. Pada tab Visual Effects pilih Adjust for best performance untuk mematikan semua animasi dan efek khusus, atau pilih Custom dan hapus efek visual yang Anda inginkan. Klik OK untuk menerapkan perubahan.

3.] Disable Startup Program
Jika PC Anda membutuhkan waktu terlalu lama untuk booting, kemungkinan PC Anda terlalu banyak memiliki program. Untuk mengatasi masalah ini, klik kanan pada tombol Start kemudian klik Task Manager, klik tab Startup (klik More Details jika tida ada tab tab Startup).

Perhatikan daftar program pada startup, jika Anda tidak membutuhkan program disini, disable dengan cara klik kanan dan kemudian klik Disable.

4.] Temukan dan perbaiki masalah
Windows 10 memiliki built in untuk memecahkan masalah yang dapat membantu Anda menemukan dan memperbaiki setiap masalah yang mungkin akan mempengaruhi kecepatan komputer Anda. Untuk membuka pemecah masalah, klik kanan pada tombol Start kemudian klik Control Panel.

Dibawah Security and Maintenance , klik Troubleshoot common computer problems. Kemudian dibawah System and security, klik Run maintenance tasks.

5.] Kurangi Boot Menu Time-out
Ketika komputer mulai dihidupkan, waktu boot menu ditampilkan dalam jumlah tertentu. Anda dapat mengurangi waktu beberapa detik waktu startup dengan mengubah menu boot time-out. Untuk melakukanya, klik tombol Start > klik Cotrol Panel > System > Advanced system setting >  Startup and Recovery > Settings.

No comments:

Post a Comment