Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara Mengatasi Windows Script Host

Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your Administrator for detail, jika pesan error ini uncul saat Anda menjalankan komputer, berikut ini cara mengatasi Windows script host error.

Cara Mengatasi Windows Script Host
Windows Script Host access is disabled on this machine

Windows Script Host atau WSH adalah teknologi dari Microsoft yang menyediakan kemampuan skrip seperti file batch tetapi mencakup lebih banyak fitur dalam sistem operasi Windows. Script tersebut dapat dijalankan langsung dari Desktop dengan cara mengklik dua kali file tersebut, atau bisa juga dari perintah Command Prompt.

Script tersebut dapat berjalan dengan aplikasi wscript.exe yang dilindungi mode berbasis Windows host, atau real mode perintah shell berbasis host csscript.exe.

Mengapa masalah ini dapat terjadi?
Beberapa file HTML yang mengandung malware telah ditandai menggunakan file WSH untuk mengeksekusi atau mengambil data tertentu dalam komputer secara otomatis, sehingga file aplikasi host script akan dinonaktifkan oleh sistem keamanan Windows. Tetapi dengan demikian, akan mencegah pengguna Windows untuk menggunakan script apapun, termasuk VBScript dan script JScript. Padahal, sebagian besar aplikasi Windows menggunakan kedua scrip ini, dan akhirnya beberapa software tidak bisa digunakan.

Cara enable dan disable Windows Script Host
Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Script Host, ketik regedit dalam kotak pencarian diatas tombol logo Windows dan kemudian tekan Enter, maka akan terbuka jendela Registry Editor.

Langkah berikutnya cari Key berikut ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings atau lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Windows Script Host 2

Setelah anda menemukan kunci tersebut, dobel klik pada file default kemudian masukan angka 1 dan kemudian klik OK. Jika Anda menggunakan Windows 10 pilih file Enable dan masukan angka satu, Klik OK untuk mengakhiri perintah tersebut.

Nilai 1 akan mengaktifkan Windows Script Host.
Nilai 0 akan menonaktifkan Windows Script Host.

Sekarang, Anda tidak akan lagi menerima pesan error. Tapi pastikan juga Antivirus anda aktif dan up to date untuk menangkal serangan malware dan virus berbahaya.

No comments:

Post a Comment