Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara Root Android dengan Ubuntu

Untuk melakukan root Android dengan Ubuntu, Anda harus memiliki tiga bagian utama akar dari sistem.
  • Bootoader.
  • Sistem Recovery.
  • Sistem utama.

Biasanya hanya sistem utama yang berjalan, yaitu Kernel Linux, Peluncur, aplikasi telepon, dll. Jika kita berbicara tentang rooting, itu berarti kita harus menambahkan aplikasi tambahan untuk sistem utama agar memiliki akses ke bagian sistem utama dan bertindak sebagai gatekeeper.

Masalahnya adalah bagian  dari sistem yang diamankan dan dikunci - jika tidak, mereka tidak akan aman. Ini berarti bahwa kita tidak bisa hanya menginstal aplikasi (misalnya apk) dari dalam sistem utama.

Oleh karena itu kita harus pergi satu tingkat ke bawahnya. Di sinilah sistem pemulihan. Biasanya Anda tidak dapat melihatnya, karena hanya aktif ketika sistem utama tidak dapat berjalan - baik karena update sistem atau karena Anda melakukan reset pabrik.

Sistem pemulihan jelas tidak memungkinkan mengubah sistem utama - jika tidak, semua orang bisa mendapatkan tanggal pribadi Anda jika Anda kehilangan ponsel Anda. Jadi kita perlu menggantinya juga. Tapi sebelum itu kita bicara tentang bootloader.

Bootloader adalah sepotong kecil dari perangkat lunak yang memutuskan apakah akan memulai pemulihan sistem utama (atau sistem utama lain, seperti Ubuntu Phone). Dalam konfigurasi default hanya dimulai sistem yang ia tahu dan dipercaya. Dalam konfigurasi ini bootloader akan dikunci.

Fungsi ini mencegah perangkat lunak berbahaya untuk mengubah ponsel dan mata-mata pada sistem, itu juga mencegah kita dari menggantikan sistem pemulihan. By the way, konsep ini juga terdapat di PC dan disebut UEFI save-boot.

Berikut ini adalah gambaran grafis dari komponen Android.

Cara Root Android dengan Ubuntu

Jadi, apa yang kita butuhkan untuk mendapatkan akses root adalah:
  • Unlock bootloader.
  • Menggantikan sistem pemulihan.
  • Menginstal aplikasi superuser.

Perhatikan bahwa membuka bootloader memungkinkan penyerang untuk memanipulasi salah satu fitur keamanan android (PIN dll). Penyerang dapat mengakses semua file pada perangkat menggunakan sistem pemulihan yang berbeda. (kecuali userdata dienkripsi) Oleh karena itu android akan menghapus semua userdata ketika bootloader berubah dari dikunci menjadi terbuka.

Yakin, ingin rooting Android Anda? Mari kita lanjutkan.

Persiapan
Pertama, Anda perlu menginstal biner fastboot untuk dapat melakukan komunikasi tingkat rendah dengan perangkat Android Anda, ketikan perintah berikut ini pada terminal:

apt-get install android-tools-fastboot

Pastikan Andak bertindak sebagai pengguna non-root untuk menjalankan perintah melaui USB, sehingga Anda tidak perlu menjalankan fastboot sebagai root di Android untuk membuat file ini:

/etc/udev/rules.d/51-android.rules dengan konten sebagai berikut ini:

SUBSYSTEM =="usb", ATTR {idVendor] =="<VENDOR>", MODE = "0666", GROUP = "plugdev"

Anda dapat menemukan nilai VENDOR pada halaman ini.

Setelah itu Anda harus reboot ke mode fasboot. Biasanya ada kombinasi tombol, Anda harus menekan pada saat startup.



Ingat kombinasi tombol ini, karena Anda akan membutuhkanya lagi nanti.

Namun Samsung Devices, seperti Galaxy S3, tidak mendukung mode fastboot - sebaliknya mereka memiliki mode download, yang menggunakan Samsung protokol khusus. Flash yang harus Anda gunakan adalah tool Heimdall.

Membuka bootloader
Peringatan penting: ini akan menghapus semua data pengguna pada perangkat. untuk perangkat google, seperti Nexus 4 atau Nexus 7  hanya melakukan fastboot oem unlock.

jika Anda memiliki perangkat Sony Xperia, seperti Xperia Z, ada tambahan dan Anda harus meminta kunci unruk membuka, dan kemudian buka bootloader dengan:

fastboot oem unlock 0x <KEY> key adalah kunci dari pabrik.

Menggunakan AutoRoot untuk menginstal SuperSU
Ada beberapa aplikasi superuser untuk memilih dari Android 4 dan kebawah. Namun satu-satunya aplikasi superuser yang bekerja pada Android 5 / Lollipop dan diatasnya adalah SuperSU oleh Chainfire.

Khusus untuk perangkat seperti Nexus 5X atau yang berjalan dengan Android Marshmallow dengan keamanan bertingkat / mungkin juga pada perangkat lain, Anda bisa menggunakan aplikasi installer dari Chainfire.

Chainfire menciptakan "installer" yang disebut AutoRoot yang mencakup utilitas fastboot dan akan melakukan langkah unlocking seperti yang dijelaskan di atas. Namun jika Anda telah membaca sejauh ini, Anda mungkin juga ingin memahami sisa dari proses unroot ini.

Pertama Anda harus men-download paket yang sesuai untuk perangkat Anda . Di sana Anda akan menemukan citra pemulihan yang kita milik. Ketikan perintah berikut ini:

fastboot boot image / CF-Auto-Root-martil-martil-nexus5.img

Perintah di atas tidak akan berpengaruh apapun pada perangkat Anda, tetapi hanya meng-upload gambar. Gambar berisi script untuk memodifikasi sistem utama (perubahan startup untuk berkeliling SELinux) dan menginstal aplikasi superuser.

Jika semuanya berjalan dengan baik, langkah ini sudah selesai. Anda sekarang dapat reboot ponsel Anda.

Anda bisa mengunci bootloader lagi untuk membuat perangkat lebih aman. Namun update Android berikutnya akan menghapus akar sistem dan mengulangi prosedur rooting akan menghapus userdata - sehingga Anda harus menyeimbangkan pembaruan keamanan vs risiko perangkat yang dicuri. Untuk kasus terakhir Anda masih memiliki pilihan untuk mengaktifkan enkripsi userdata.

Menginstal pembaruan OTA
Android melalui update (OTA) hanya berisi perubahan pada sistem. Untuk memverifikasi bahwa update berhasil Android menghitung checksum dari sistem yang ditambal dan beralih ke status lama ke status baru.

Sebagai SuperSU yang telah mengubah boot image, update jelas akan gagal. Jadi untuk menginstal update OTA Anda harus mengambil gambar pabrik dan mengembalikan partisi boot menggunakan boot.img dengan perintah:

fastboot flashdisk booting boot.img

Setelah prosedur ini Anda harus menambal partisi boot lagi menggunakan prosedur yang telah dijelaskan diatas.

7 comments:

  1. Artikel yg bermanfaat memang mantap blog ini.. Update terus dan sukses selalu ya Gan.

    ReplyDelete
  2. Baru belajar ubuntu, terimakasih untuk tutorial yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat om, terimakasih info nya

    ReplyDelete
  4. Ini cara manual root android, 100% work walau agak membingungkan

    ReplyDelete
  5. makasih gan buat artikelnya sangat lengakap.,,,
    dan bermanfaat,,

    ReplyDelete
  6. ingin coba tapi masih ragu gan, takut stepnya salah nanti hang hape saya :)

    ReplyDelete