Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara Transfer Foto dari DSLR ke Smarphone

Cara Transfer Foto dari DSLR ke Smarphone
Dengan teknologi saat ini, Anda bisa langsung transfer foto dari DSLR ke smartphone tanpa harus menggunakan PC komputer sepertu dahulu.

Bagi sebagian orang, hal ini sangat penting mengingat masih ada kebutuhan terhadap kualitas foto berkualitas tinggi. Berikut ini cara melakukan transfer foto dari DSLR ke smartphone.

Nirkabel (Wireless)
Kebanyakan kamera-kamera keluaran sekarang sudah dilengkapi dengan fitur transfer nirkabel atau tanpa kabel. Jadi, Anda memerlukan koneksi WiFI yang ada dalam jangkauan perangkat.

Nyalakan fitur Wifi di kamera DSLR dan sambungkan ke koneksi jaringan Anda. Anda harus mengaktifkan fitur hotspot. Lalu akan ada aplikasi pendamping dari kamera DSLR yang akan muncul di smartphone Anda.

Aplikasi akan menampilkan foto yang ada di kamera DSLR dan dapat Anda unduh untuk disimpan di ponsel. Salah satu merek yang memiliki fitur ini adalah Panasonic Lumix GH4 I. Ini kompitable untuk Android dan iOS.

SD Card Nirkabel
Apabila kamera Anda tak memiliki fitur di atas, jangan khawatir. Ada cara lain yang dapat dilakukan, yakni memakai SD Card nirkabel di kamera DSLR. Begitu tersambung dengan koneksi jaringan, Anda langsung dapat memindahkan foto-foto atau video ke ponsel Anda.

Beberapa merek yang memiliki produk semacam ini antara lain Sandisk, yang memiliki kapasitas memori 32 GB. Produk ini bisa Anda temukan di banyak toko aksesori gadget.

Cara transfer foto dari DSLR ke Android dan iOS


Bagaimana bila dua cara di atas sama sekali tak mendukung kamera DSLR? Masih ada cara lainnya, yaitu kabel adapter. Alat ini mungkin bisa menjadi referensi Anda yang lebih cenderung perangkat fisik. Anda tak perlu bingung soal koneksi karena teknologi kabel lebih cepat.

Android
Bagi pengguna Android, Anda membutuhkan adapter USB On the Go (OTG) dan SD Card untuk disematkan ke OTG. Anda juga membutuhkan USB connector untuk kamera. Baru lah, colok kabel OTG ke perangkat Android dan sambungkan USB Connector kamera ke adapter OTG Android Anda.

Setelah itu, notifikasi akan muncul di layar ponsel Anda yang menampilkan Touch untuk melihat opsi lainnya. Apabila layar jendela muncul, pilih Photo transfer (PTP) -> Explore. Anda dengan leluasa dapat melihat seluruh gambar yang tersimpan di SD Card DSLR untuk dipindahkan di perangkat Android.

iPhone/iPad
Pengguna perangkat berbasis IOS dapat menggunakan SD Card reader untuk mengimpor foto dan video langsung dari SD Card. Untuk itu, Anda membutuhkan Lightning colokan Iphone atau Ipad original untuk disambungkan ke adapter USB kamera, dan USB hub untuk adapter USB tiga kamera. Cara untuk mengimpor diantaranya sebagai berikut:

  • Colok Lighting pada USB atau Lighting pada adapter USB 3 ke iPHone atau iPad.
  • Jika Anda menggunakan Lighting ke adapter USB, sematkan USB hub ke adapter dan colok ke listrik.
  • Namun, jika Anda memakai Lighting ke USB 3, sambungkan adapter ke listrik dengan menggunakan port Lighting.
  • Buka perangkat kunci iOS Anda dan sambungkan SD Card ke Lighting ke adapter USB 3 atau USB hub.


Dalam beberapa saat, aplikasi Photos akan muncul dan menampilkan konten di SD Card. Anda dapat mengimpor data atau menghapusnya.

No comments:

Post a Comment