Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Agar Smartphone Tidak Mudah Diretas

Fungsi smartphone bukan cuma untuk calling atau SMS saja, sekarang hampir semua aktivitas online, transaksi data digital pembayaran menggunakan smartphone. Bagaimana agar smartphone tidak mudah diretas orang jahat?

Berikut ini tips agar smartphone tidak mudah diretas orang lain:

Kunci perangkat anda dengan password yang kuat dan rumit
Cara pertama ini merupakan cara paling mudah, aktifkan password di ponsel dan fitur yang akan secara otomatis menghapus data setelah beberapa kali salah memasukan password. Untuk membuat password lebih sulit ditebak, gunakan enam digit password atau lebih, bisa juga dengan menambahkan huruf dan simbol tertentu untuk mempersulit para hacker untuk meretas ponsel anda.

Gunakan enkripsi yang disediakan vendor ponsel anda
Dengan menggunakan enkripsi, data yang tersimpan di ponsel tidak bisa dipindahkan dan diakses dari perangkat lain. iPhone yang menggunakan iOS 8 sudah terenskripsi secara default, namun untuk Android, anda harus mengaktifkannya di menu pengaturan ponsel.

Gunakan fitur pencari perangkat anda
Fitur seperti Find My iPhone sangat berguna jika ponsel anda hilang, segera aktifkan Lost Mode yang akan mengunci ponsel dengan password. Fitur activation lock juga sangat berguna, karena ponsel menjadi tidak bisa digunakan, dan hanya bisa diaktifkan dengan Apple ID, anda juga bisa menghapus seluruh data yang ada di ponsel. Android tidak memiliki fitur seperti ini, tapi banyak aplikasi sejenis yang bisa diunduh di Play Store dari ponsel anda.

Update Software
Dan tips yang keempat , selalu perbarui software ponsel, karena pembaruan berarti ada perbaikan dari software sebelumnya termasuk dari segi keamanan ponsel.

Pasang Antivirus di ponsel anda
Antivirus tidak hanya dibutuhkan dalam PC Windows saja, smartphone anda juga membutuhkanya. Ada beberapa vendor antivirus yang menyediakan di Play Store versi gratis atupun berbayar.

Jangan sembarang instal aplikasi
Banyak sekali virus atau malware berbahaya yang bisa menginfeksi smartphone anda yang ditanam pada aplikasi gratis atau yang diunduh diluar Play Store. Jadi, bijaklah dalam memilih aplikasi yang akan dipasang pada perangkat anda.

No comments:

Post a Comment