Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Mengatasi Windows error recovery

Windows error recovery permasalahan dan cara mengatasi masalahnya, kasus ini bisa terjadi untuk komputer baru dan lama. Masalah umum bisa disebabkan karena ada kesalahan starup sistem operasi. Untuk memperbaikinya, anda bisa menggunakan  Windows Recovery Tool untuk  untuk melakukan repair secara otomatis.

Recovery Windows Tool adalah alat untuk memperbaiki atau memulihkan beberapa kesalahan pada sistem operasi Windows, terutama saat start up. Dengan alat ini (sudah terinstal dalam sistem Windows) maka sistem operasi akan di scan dan mencari kerusakan atau file sistem yang corrupt.

Berikut ini cara mengatasi Windows error recovery


Startup Repair Tool Windows
Untuk komputer baru ataupun, biasanya terjadi karena malware berbahaya yang merusak file pendukung sistem operasi. Bisa juga karena pemasangan hardware baru yang tidak didukung, atau driver hardware yang di instal tidak kompitabel dengan Windows. Masalah lainya karena Windows shutdown secara tak terduga seperti saat listrik padam.

Jika Windows tidak bisa booting dan menampilkan layar hitam dengan pesan "Recovery Error", maka restart komputer lalu tekan F8 sampai menampilkan pesan "Advanced Boot Options". Setelah itu pilih "Launch Startup Repair (Recommended)" kemudian pilih "Repair Your Computer".


Langkah berikutnya opsi memilih metode input keyboard kemudian. Biasanya yang digunakan untuk komputer di Indonesia adalah tipe US, klik  "Next" untuk melanjutkan proses repair.

Jika ada beberapa user dalam kompter atau laptop, pastikan anda login sebagai Admin pada komputer anda.

Langkah selanjutnya akan muncul jendela pilihan System Recovery Options. Klik pada Startup Repair untuk memulai proses trouble shooting dan menyelesaikan permasalahan startup Windows.



Proses recovery sedang berjalan dan melakukan scan pada komputer anda. Proses ini membutuhkan beberapa waktu, tergantung parah atau tidaknya kerusakan pada komputer anda.

Setelah melakukan proses scan, akan muncul jendela baru yang akan meminta anda untuk melakukan restore sistem. Klik tombol restore untuk mengeksekusi perintah restore, atau klik cancel untuk melakukan scan dan repar lagi (biasanya jika kerusakan startup parah maka akn keluar jendela untuk melakukan restore lagi).

Jika anda memilih untuk melakukan restore, maka akan muncul jendela baru yang menunjukan tempat sistem operasi di instal. Klik Finish untuk memulai proses system restore Windows.


Biasanya masalah Windows error recovery sudah teratasi, jika masalah tidak selesai maka akan keluar pesan "Starup Repair this computer automatically". Jika hal ini terjadi, anda bisa melakukan dengan cara manual menggunakan DVD instalasi software Windows.

Cara melakukanya, pada saat komputer booting, tekan F12 untuk memilih opsi booting. Pilih booting dengan instalasi Windows dari DVD atau flashdisk.

Setelah proses loading Windows berjalan, Klik "Repair" dan ikuti langkah seperti diatas.

1 comment:


  1. service komputer panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan ingin service komputer dan
    tidak ingin repot repot bawa ke reparasi komputer.
    silahkan Hubungi Kami. jika bapak atau ibu sibuk
    cukup Hubungi Kami Maka Kami akan pergi ketempat
    anda HUB : 081294209696

    terima kasih atas kepercayaan anda.

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete