Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Mengatasi Laptop Lemot

Cara mengatasi laptop lemot bisa dengan melakukan optimasi tweak Windows sederhana. Anda bisa melakukan sendiri dengan mudah.

Mengatasi Laptop Lemot


Masalah laptop yang lambat bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti virus, hardware yang mulai payah, atau sistem operasi Windows yang terlalu banyak menyimpan cache atau meload program yang overload.

Berikut ini beberapa langkah mengatasi laptop lemot:


Scan Virus dan Malware
Jika anda sudah menggunakan laptop dalam jangka waktu yang cukup lama, kemungkinan sistem Windows menyimpan masalah selama dipakai yang tersimpan di cache. Virus, spyware, dan malware dapat memperlambat proses boot komputer. Virus bisa masuk ke starup Windows untuk melakukan kegiatan tanpa sepengetahuan anda. Jadi, lakukan update database anti virus anda dan lakukan scan pada laptop yang anda pakai.

Nonaktifkan startup aplikasi yang tidak penting
Kebanyakan laptop build-up, biasanya sudah terinstal semua driver dan program aplikasi dalam komputer, ditambah lagi jika anda menginstal aplikasi gratisan. Hal ini akan memperlambat proses loading laptop anda. Jadi, anda perlu mendisable program atau aplikasi yang tidak begitu penting.


  1. Untuk melakukan tweaking ini, klik Start Menu > ketikan msconfig di kotak pencarian kemudian tekan enter.
  2. Akan terbuka jendela baru, klik pada tab Starup kemudian hapus centang pada program yang tidak diinginkan, seperti update, touchpad, office, dll.
  3. Klik ok kemudian restart laptop anda. Pastikan anda sudah menyimpan semua pekerjaan anda.


Nonaktifkan Hardware yang tidak penting
Diantara bagian-bagian dari perangkat lunak laptop, beban terbanyak adalah driver untuk semua hardware, seperti keyboard, touchpad, sound card, bluethhot, dan komponen lain yang memakan banyak memori RAM. Anda bisa menonaktifkan perangkat keras tersebut tanpa  mengorbankan fungsi dari hardware tersebut.

Untuk menonaktifkan perangkat yang tidak penting, lakukan langkah berikut ini:
Klik Start Menu > Klik kanan pada Computer > Klik Properties.
Pada tab bagian kiri klik Device Manager.
Klik kanan pada hardware yang akan dinonaktifkan, kemudian pilih Disabled.

Hapus Font yang tidak pernah digunakan
Salah satu fitur dari Windows yang berat adalah font-family yang berjumlah sampai 282 item (pada laptop saya). Jika pekerjaan atau ketikan anda hanya menggunakan beberapa font, jadi mengapa harus menyimpan begitu banyak font?

Untuk menghapus font family yang tidak dibutuhkan, klik Start Menu > kemudian ketikan font di kotak pencarian. Klik folder font, maka akan terbuka jendela baru dari kumpula font di sistem Windows

Klik kanan pada font yang tidak pernah terpakai kemudian delete. Jika anda tidak mau menghapus font family tersebut, cukup hidden saja.

Update Perangkat Lunak 
Pastikan software anda up to date. Termasuk web browser, aplikasi driver untuk printer, anti virus, update sistem Windows untuk menutup celah keamanan dari malware dan spyware serta memperbaiki beberapa file sistem yang mungkin telah rusak.

Defragment Hardisk secara berkala
Ketika laptop anda menyimpan file yang cukup besar ke dalam hardisk, terutama jika partisi hardisk anda banyak akan membuat hardisk bekerja lebih berat. Anda bisa melakukan defragment pada hardisk anda

Untuk melakukan defrag hardisk, klik Start Menu > klik Computer.
Pada tab bagian kanan, pilih partisi hardisk yang akan di defrag kemudian klik kanan pilih Properties.
Cari tab Tools klik pada tab tersebut kemudian klik Defragment now.

Hapus file sementara
Dengan utilitas disk terbukti bisa meningkatkan kinerja laptop, untuk melakukanya klik Start Menu > pada kotak pencarian ketikan disk cleanup > kemudian tekan enter. Akan terbuka jendela baru disk cleanup. Pilih partisi hardisk yang akan anda clean, biasanya defaul ada pada drive C karena partisi ini menyimpan sistem Windows.

Demikian cara mengatasi laptop lemot semoga bisa membantu, dengan melakukan utilitas sederhana dapat membantu kinerja komputer anda.

No comments:

Post a Comment