Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara Melindungi Keamanan Jaringan Wifi

Dunia jaringan wifi yang terus berkembang pesat dibidang teknologi sekarang ini apakah anda sudah melindungi keamanan anda, bagaimana caranya? Banyak sekali hacker dan penyusup yang ingin menggunakan jaringan anda, apakah itu hanya untuk berinternet ria atau bahkan mencuri dta anda.

Ada banyak alasan mengapa anda harus melindungi jaringan nirkabel anda, diantaranya untuk melindungi privacy, menghemat bandwith internet, dan mencegah tagihan bulanan internet yang tinggi. Berikut ini tips sederhana cara melindungi jaringan nirkabel anda.


Cara mudah melindungi keamanan jaringan wifi dirumah atau kantor anda.


Enkripsi jaringan wi-fi anda
Bila anda menggunakan jaringan wifi untuk mengakses internet, setiap bagian dari data yang anda kirim dan anda terima melalui udara dapat dengan mudah di snooped oleh hacker. Tool Packet Sniffer dapat digunakan oleh siapa saja bahkan oleh pemula untuk melacak data anda. Ini berarti bahwa hacker tidak hanya bisa melihat situs apa saja yang anda kunjungi, bahkan secara rinci bisa mengetahui login akun pribadi anda.

Enkripsi data pada dasarnya untuk mengacak dan memanipulasi data yang dikirim dan diterima oleh perangkat anda melalui udara atau nirkabel. Ini berarti untuk mencegah hacker mengetahui data apa saja yang terkirim dan diterima oleh komputer anda.

Ada dua standar enkripsi yang tersedia yang bisa anda gunakan, yaitu WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WPA (Wireless Protected Access). WEP adalah enkripsi keamanan paling tua tapi sangat mudah dibobol. WPA relatif lebih baru tetapi masih mempunyai lubang keamanan untuk ditembus. AirCrack dan CoWPAtty adalah dua tool gratis yang memungkinkan hacker untuk membobol jaringan anda dengan teknik bruteforce.

WPA2 adalah standar enkripsi terbaru dan relatif lebih sulit ditembus oleh tool gratisan. WPA2 mampu merubah kunci enkripsi setiap kali ada perangkat yang mengakses jaringan anda, ini akan mempersulit hacker menembus keamanan jaringan anda.

Ganti password router secara berkala
Kesalahan terbesar admin jaringan tidak pernah mengganti password router mereka. Hacker bisa menggunakan database publik yang berisi username dan password yang telah berhasil mereka tembus. Bahkan mereka akan merubah username dan password pada router anda.

Buat daftar perangkat yang terhubung ke router
Hampir semua router baru mempunyai halaman khusus yang dapat menampilkan daftar perangkat yang terhubung ke router. Periksa halaman ini untuk memantau perangkat mana saja yang terhubung ke router anda. Jika ada perangkat yang tidak dikenal terhubung ke jaringan, segera blokir.

Update firmware anda
Biasanya vendor router akan merilis update firmware di situs mereka. Anda harus memeriksa situs produsen untuk melihat apakah firmware baru telah dirilis. Router baru akan secara otomatis memberitahu pengguna ketika firmware terbaru sudah tersedia.

Demikian cara melindungi keamanan jaringan wifi, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment