Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara Membuat Blog

Cara membuat blog atau blogging untuk pemula tidak sesulit yang dibayangkan.

Pada kenyataanya hampir setiap hari ada blogger baru yang memulai aktivitas ini, entah hanya untuk hobi, catatan pengalaman pribadi, berbagi ilmu atau pengalaman, atau untuk tujuan profesional yang menghasilkan income.
cara membuat blog

Cara membuat blog, langkah pertama anda bisa memilih platform yang gratis atau berbayar, untuk yang gratis bisa memilih blogspot atau WordPress. Tidak membutuhkan ketrampilan khusus seperti desain web atau teknologi informasi, yang anda butuhkan hanyalah kreatifitas dalam menulis.

Untuk blogger pemula sebaiknya memilih nice atau blog yang membahas sesuai hobi dan ketrampilan yang dimiliki. Misanya anda menguasi bidang Photoshop, maka buatlah blog sesuai dengan keahlian anda.

Jadi, apakah anda sudah siap untuk memulai blogging sebagai pemula? Berikut ini langkah-langkah yang harus anda pahami:

Pilih nama domain
Pilihlah nama domain sesuai dengan nice blog anda (sangat disarankan) untuk blog baru. Pilihlah nama domain yang unik dan penuh deskripsi yang menggambarkan tentang blog anda. Banyak blogger yang menggunakan nama mereka sendiri, itu tidak masalah karena akan mempunyai nilai tambah tersendiri ini akan menjadi nama unik dan mencegah orang lain untuk menggunakan identitas bagi penulis blogger.

Setelah anda mempunyai gambaran tentang nama domain, langkah selanjutnya memilih ektensi domain seperti com, net, org atau yang lainya. Domain com memiliki standar emas dibanding dengan ektensi yang lainya, karena ektensi domain ini yang paling tua diantara yang lainya.

Jika nama domain yang anda tentukan sudah dipakai orang lain, cobalah mengganti dengan ekstensi domain lainya, seperti net, org, id, atau yang lainya. Itu bukan masalah serius. atau anda bias menambahkan karakter tertentu pada nama domain yang anda pilih, misalnya domain ini bernama dreamsfiles.com bisa ditambahkan satu karakter dreams-files.com.

Pilih web hosting atau platform
Web hosting adalah layanan untuk menyimpan semua file untuk blog anda. Banyak blogger yang memilih platform WordPress dengan self-hosting sebagai media penyimpanan karena memiliki fitur lebih lengkap dan plugin yang tersedia untuk keperluan blogging, seperti plugin SEO, plugin monitoring, dan masih banyak lagi. Tapi biayanya juga lebih mahal dibanding dengan platform lainya.

Saya sendiri lebih memilih platform blogger karena lebih murah, tinggal beli nama domain untuk kostum nama domain. WordPress juga menyediakan nama domain, misalnya saya punya nama domain namadomainku.wordpress. com, bisa diupgrade menjadi namadomainku.com. Lagi-lagi anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya upgrade.

Menciptakan konten untuk blog
Setelah anda menentukan nama domain dan memilih platform untuk blog, langkah selanjutnya adalah membuat konten yang bermanfaat untuk calon pengunjung blog anda. Apa itu situs web? Pada intinya blogging adalah sesuatu konten yang bermanfaat yang dicari oleh pengguna internet. Pilihlah nice atau topik sesuai dengan yang apa anda kuasai untuk meraih suskes sebagai blogger.

Anda harus menciptakan konten yang berharga bagi pengunjung. Ini adalah salah satu cara membangun blog yang berkualitas. Jika anda kesulitan, cobalah cari referensi pada blog lain sesuai nice anda, tapi jangan menjiplaknya.

Gunakan media sosial untuk promosi blog baru
Ini adalah cara yang sangat efektif untuk promosi blog baru. Media yang paling banyak digunakan adalah Facebook, Twitter, Goolge +, Instagram. Tapi ingat, jangan berlebihan mengirimkan link blog anda, karena akan dianggap spammer.

Jangan malu belajar pada blogger lain
Anda jangan malu atau sungkan bertanya pada blogger lain, para master blogger itu dulu juga pernah mengalami hal seperti anda. Untuk membangun sebuah blog yang sukses, diperlukan referensi dan panduan dari para senior agar tidak terjadi banyak kesalahan. Dengan terus belajar dari pengalaman orang lain dan diri sendiri, anda akan menjadi blogger yang sukses.

Pengunjung adalah raja
Tanpa pengunjung, blog tidak akan ada nilainya. Jadi layani pengunjung blog anda sebaik-baiknya. Jika mereka bertanya tentang apa yang anda tulis, maka berilah jawaban atau keterangn yang memuaskan. Dengan begitu mereka tidak sungkan akan kembali mengunjungi blog anda.

Abaikan komentar negatif
Jika anda menemukan komentar negatif yang bertujuan untuk menjatuhkan mental blogger, maka abaikanlah. Tidak semua pengunjung blog ingin mencari konten berkualitas terkadang ada blogger lain yang iri terhadap blog anda yang bagus, sehingga mereka ingin menjatuhkan mental anda. Kecuali blog anda berisi konten yang menyalin dari blog lain atau menyinggung pribadi atau kelompok tertentu.

Jangan menyerah
Ini adalah kekuatan utama bagi para blogger, jangankan untuk pemula, para blogger senior juga pernah mengalami hal yang sama. Untuk membangun blog yang sukses dibutuhkan kerja keras dan usaha pantang menyerah. Pada umumnya, untuk membangun blog yang bagus dibutuhkan waktu 6 bulan pertama, 6 bulan kedua untuk evaluasi dan pengembangan. Jika anda menggunakan layanan Top Level Domain, pada tahun kedua atau setelah perpanjangan domain pengunjung relatif lebih stabil dibanding tahun pertama.

Cara membuat blog dari Blogger

Pastikan anda sudah memilik akun Gmail kemudian buka www.blogger.com maka anda akan diminta untuk login dengan akun Google anda.


Sekarang anda sudah berada di dashboard blogger, klik New Blog pada tab bagian kiri.

Buat nama blog atau title sesuai dengan niche yang anda inginkan.


Sekarang anda sudah selesai membuat blog baru, langkah selanjutnya membuat posting pertama. Klik New Post pada bagian kiri kemudian tulis artikel anda dan buat label yang sesuai dengan artikel. Misalnya saya membuat artikel dengan judul "Cara mendapatkan rangking tinggi di Google" dan label saya beri nama SEO. Setelah selesai klik Publish artikel anda.



Demikian cara membuat blog atau blogging bagi pemula, semoga bermanfaat. Keep spirit untuk blogger Indonesia.

3 comments:

  1. makasih untuk sarannya gan..
    ditunggu postingan lainnya..

    ReplyDelete
  2. cara membuat blog semua orang juga bisa :D

    ReplyDelete