Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara aman transaksi e banking

Di era teknologi informasi saat ini, kita tidak lepas dengan transaksi e banking, apakah kita akan menggunakan kartu kredit, transaksi melalui debit atau ATM. Sudahkah kita menggunakan cara yang aman untuk transaksi internet banking?

Internet banking terobosan baru untuk memudahkan aktivitas kita dalam bertransaksi perbankan, kita tidak perlu repot pergi ke bank untuk melakukan transaksi, cukup dengan komputer atau gadget yang terhubung dengan internet kita sudah leluasa melakukan aktivitas jual beli online.

Cara aman transaksi e banking

Meski mudah dan terjamin keamanannya, kita harus tetap berhati-hati bertransaksi lewat Internet banking. Apalagi dengan munculnya beragam model cybercrime yang mengancam melalui malware. Saat ini, ada beberapa metode cybercrimes yang sering dipakai. Salah satunya phishing, yaitu upaya untuk mendapatkan informasi rahasia orang lain. Informasi tersebut kemudian digunakan untuk keperluan lain dengan mengatasnamakan pemilik aslinya. Contohnya saat kita diundang melakukan login di laman yang menyerupai halaman bank untuk mendapatkan user id dan password kita.

Kemudian ada malware (malicious software), yakni sebuah aplikasi (software) yang diciptakan untuk mencari kelemahan komputer, yang kemudian dapat mengontrol sistem operasi komputer. Contoh malware yang paling sering kita temui sehari-hari adalah virus dan worm yang akan merusak atau menyembunyikan data tertentu dari komputer pengguna.

Selain itu, terdapat key logger yaitu, suatu cara yang dapat merekam aktivitas pengetikan pengguna. Modelnya dapat berupa software atau hardware dan tujuannya untuk menangkap informasi yang beragam, diantaranya user id dan password.

Tips aman transaksi internet banking
Selalu jaga kerahasiaan user id, password, serta m-Token. Jangan pernah memberikan atau memasukkan data tersebut ke aplikasi yang tidak terpercaya dan segera hapus m-Token yang telah habis digunakan atau telah habis masa berlakunya.

Sebaiknya anda mengganti password secara berkala menggunakan kombinasi huruf dan angka yang sulit ditebak oleh hacker, misalnya saja tanggal lahir atau angka favorit anda.

Pastikan bertransaksi menggunakan media komputer yang aman, tidak dari tempat umum atau media lain yang keamanan transaksinya tidak terjamin. Setelah  melakukan transaksi, segera hapus history transaksi menggunakan pilihan clear cache yang disediakan oleh browser setelah anda logout.

Satu lagi, hati-hati dalam mengunduh dan menggunakan aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya, untuk menghindari serangan malware yang dapat mengakses seluruh data dan mengambil alih kontrol device anda

No comments:

Post a Comment