Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara Seting Proxy Server Wi-Fi di Android

Bagaimana cara seting atau pengaturan proxy server Wifi di Android? Jika anda gemar memainkan game online atau browsing situs tertentu, mungkin akan terkendala jika situs tersebut diblokir. Nah, salah satu fungsi proxy server adalah untuk melakukan bypass terhadap provider server internet untuk mengunjungi situs yang diblokir.

Sebelum membahas cara mengatur proxy server di handset Android, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu, apa itu proxy dan apa fungsinya. Pada dasarnya, proxy server adalah server yang berfungsi atau bertugas untuk memberikan perlindungan, keamanan atau menjaga privasi kita ketika kita tengah mengakses internet. Proxy ini pula yang akan memberikan izin kepada aplikasi web atau website untuk mengambil data dari perangkat kita, yang dalam hal ini adalah handset Android kita.

Selain sebagai pelindung, Proxy juga dapat kita gunakan untuk berbagai keperluan. Seperti untuk mengakses website tertentu yang bersifaat privat, menentukan lokasi keberadaan kita, bahkan bisa juga digunakan untuk mempercepat koneksi internet di handset Android kita. Namun yang paling sering dicari dan digunakan pengguna, adalah fungsi untuk mengakses website atau konten yang bersifat privat atau beberapa situs yang diblokir di suatu negara.

Misalnya untuk mengakses situs sosial media seperti Facebook yang diblokir di beberapa negara tertentu. Atau untuk mendapatkan data dari situs universitas yang hanya diperuntukkan untuk mahasiswa-nya misalnya, atau ketika kita ingin menonton sebuah video di YouTube, yang hanya dibolehkan untuk ditonton pengguna di negara si pemilik video misalnya. Dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Nah, untuk cara mengatur proxy server di handset Android, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara seting atau pengaturan Proxy Server Wifi di samrtphone Android


Catatan : metode ini hanya berlaku saat anda akses internet menggunakan jaringan Wifi saja, artinya pengaturan ini tidak berlaku jika anda mengakses internet menggunakan data mobile.

Pertama-tama, masuk ke menu setting WiFi. Anda bisa masuk melalui menu Setting, atau melalui menu dropdown pada notification bar. Setelah sampai di menu WiFi, pilih koneksi WiFi mana yang ingin Anda gunakan dan ingin diubah proxy-nya.

Cara Seting Proxy Server Wi-Fi di Android

Tap pada nama koneksi WiFi yang ingin diubah, dan akan muncul kotak menu pop-up. Pilih Modify network config. Lalu akan muncul kotak pop-up baru. Kemudian centang pada kolom Show advanced option. Pilihan menu di kotak pop-up inipun akan bertambah banyak. Jika hal ini terjadi, maka sejauh ini Anda telah melakukan hal yang benar. 
Cara Seting Proxy Server Wi-Fi di Android 2

Selanjutnya pilih kotak proxy. Dan ubah pilihan menu dari yang awalnya “none” ubah menjadi “manual”. 
Cara Seting Proxy Server Wi-Fi di Android 3

Kolom isian proxy akan muncul. Isikan alamat server proxy baru Anda, dan port proxy baru. Biasanya port proxy diisi dengan 8080. Setelah selesai, pilih Save.

Cara Seting Proxy Server Wi-Fi di Android

Dan sekarang Anda bisa menikmati internet tanpa blokir dan tanpa lemot. Dan untuk mencari alamat proxy maupun port proxy yang Anda inginkan, biasanya akan mudah ditemukan di Google. Bahkan beberapa situs tertentu ada juga yang menyediakan daftar server dan port proxy sesuai negara yang Anda inginkan. 

Demikian cara seting proxy server wifi di  Android, semoga bermanfaat dan bisa digunakan secara bijaksana.

1 comment:

  1. saya biasanya menggunakan website untuk mengelabui hal tersebut namun ada sedikit kekurangan jika menggunakan website seperti load lama dan ada beberapa script tidak terbaca, terimakasih atas saran nya..

    ReplyDelete