Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara menghentikan auto update aplikasi Android Samsung

Bagaimana cara menghentikan auto update aplikasi bawaan Samsung di smartphone Android? Banyak pengguna smartphone Android Samsung yang masih kesulitan dan dibuat jengkel jika harus berurusan dengan aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan.

Apalagi aplikasi bawaan ini terus-menerus melakukan update dengan sendirinya, tambah jengkel lagi kan? Selain mengganggu kinerja ponsel dengan memakan banyak persediaan RAM dan CPU, fitur ini juga sangat berakibat fatal, ketika kita tengah menggunakan kartu SIM tanpa paket internet. Yang jelas pulsa kita balkal habis disedotnnya. Nah, saat itulah kita akan membutuhkan cara untuk menghentikan auto-update pada aplikasi Android bawaan Samsung.

Lalu, bagaimana kita bisa menghentikan auto-update pada aplikasi bawaan Samsung? Tenag, ada tiga cara yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan masalah ini. Yakni dengan menggunakan aplikasi Galaxy App dari Samsung, menggunakan fitur di Google Play Store hingga menggunakan fitur pada Android sendiri.

Cara menghentikan auto update aplikasi bawaan Samsung pada ponsel Android

1. Dengan aplikasi Galaxy App
Cara ini mungkin takan bisa diterapkan pada seluruh handset Samsung, karena hanya beberapa saja yang dilengkapi dengan aplikasi ini. Namun jika Anda memiliki aplikasi yang juga dikenal sebagai Samsung App ini, maka caranya sangat mudah.
Cara menghentikan auto update aplikasi Android Samsung


Pertama buka aplikasi Galaxy App tersebut. Buka menu utama (atau menu drop-down pada versi terbaru), kemudian pilih Setting. Tap pada pilihan Auto Update Apps, dan matikan fitur ini dengan memilih turn off. Selesai deh

2. Melalui Google Play Store
Pertama masuk ke Google Play Store, dan pilih My Apps. Di sini Anda dapat memilih, aplikasi mana yang akan dihentikan auto update-nya. Pilih aplikasi yang akan dihentikan, dan Anda akan dialihkan ke panel data detail aplikasi.

Selanjutnya ketuk di sudut kanan atas panel, dan akan muncul menu baru dengan tulisan Auto-Update. Pastikan kolom centang di sebelah kanan-nya tidak dicentang alias kosong. Maka aplikasi tidak akan diupdate secara otomatis lagi.

Cara ini memang sedikit merepotkan karena harus dilakukan kepada setiap aplikasi yang ingin Anda matikan auto updatenya satu per satu.

3. Nonaktifkan aplikasi
Jika Anda tidak ingin aplikasi tersebut diupdate, maka mungkin aplikasi ini justru tidak Anda butuhkan sama sekali. Nah untuk hal ini, mungkin Anda akan tertarik untuk menonaktifkan aplikasi tersebut. memang tidak akan menghapusnya secara permanen, namun hal ini bisa membantu Anda untuk lebih menghemat ruang RAM dan CPU Anda.
Cara menghentikan auto update aplikasi Android Samsung 2

Untuk melakukannya, masuk ke menu Setting > Application Manager. Nantinya semua aplikasi yang aktif di handset Anda akan muncul di semua TAB. Pilih aplikasi yang ingin Anda non-aktifkan. 

Kemudian tap pada tombol Turn Off. Anda mungkin akan mendapatkan pesan peringatan untuk hal ini, namun jangan cemas, karena ini tidak akan terlalu berdampak. Tekan saja OK dan aplikasi tersebut akan dialihkan ke tab Disabled. Dan masih bisa Anda aktifkan kapan-kapan.

Demikianlah cara menghentikan auto-update pada aplikasi Android bawaan Samsung. Nah, bagaimana, sudah mendapatkan pencerahan? Semoga aplikasi ini bisa membantu anda menemukan apa yang Anda cari selama ini, dan bisa bermanfaat untuk Anda. Dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

3 comments:

  1. Jadi begitu cara nya ya gan, thanks bgt informasi nya

    ReplyDelete
  2. Nanya dong Gan..and pake smule di Samsung j7 .after di update kok smulenya ga normal lg yaa? He he..mungkin tau apa hubungannya

    ReplyDelete