Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Penyebab PC Sering Restart

Penyebab pc komputer sering restart - Bagi para pengguna komputer pasti akan jengkel kan jika saat menggunakan pc  tiba-tiba restart tanpa alasan yang jelas, entah itu sedang mengerjakan tugas pekerjaan kantor, atau lagi asyik online dan lain-lainya. Artikel ini akan membahas masalah mengapa pc kita sering restart dengan sendirinya.

Penyebab mengapa PC sering Restart dengan sendirinya.

1. Daya power suplay sudah lemah
Daya power suplay yang rendah disebabkan karena dua hal, terlalu banyak beban perangkat yang terpasang atau kemampuan power suplay sudah menurun karena faktor usia atau adanya kerusakan komponen didalam power suplay.

2. HDD mengalami bad sector
HDD yang mengalami bad sector parah, akan menyebabkan susah untuk dibaca oleh sistem operasi (Windows, Linux) dan akan menyebabkan sering crash, ujung-ujungnya akan menyebabkan restart dengan sendirinya dan biasanya ketika akan menyala akan diawali dengan munculnya Blue Screen Of Dead (BSOD).

3. RAM bermasalah
Posisi penempatan memori RAM yang tidak pas/selip akan mengakibatkan arus listrik tidak bisa masuk pada salah satu pin terminal. Masalah lainya bisa karena kotor akibat jamur atau debu. Untuk membersihkan kotoran dari debu cukup dengan melepas memori dan bersihkan dengan kuas. Dan untuk membersihkan RAM dari jamur, lepas memori RAM kemudian bersihkan pada bagian kaki pin dengan setip / penghapus pensil.

4. Putaran kipas headsink terganggu
Kipas pada headsink procesor jika putaranya terganggu atau putaranya sangat rendah dapat menyebabkan komputer restart. Masalah ini biasanya disebabkan oleh sumbatan debu. Jika procesor terlalu panas (over heating) maka pc akan mati dan bisa dinyalakan bila procesor sudah dingin. Untuk mengatasi masalah tersebut, lepas headsink kemudian bersihkan kipas dengan kuas sampai bersih.

5. Windows corrupt
Adanya file Windows yang rusak atau corrupt / hilang / terinfeksi virus dapat menyebabkan pc sering restart dengan sendirinya. Untuk mengatasi masalah tersebut, repair pc anda atau instal ulang.

6. Tegangan listrik rendah
Jika di point pertama power suplay yang lemah, maka kali ini bisa disebabkan oleh arus listrik yang rendah. Hal ini dapat menyebabkan kinerja komponen CPU tidak maksimal dan dapat menyebabkan restart dengan sendirinya. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menambahkan UPS untuk komputer dan monitor kita. Jika UPS terlalu mahal, kita bisa mengganti dengan stabilisator yang lebih murah.

Demikian penyebab pc sering restart dengan sendirinya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment