Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Perbandingan Android, iOS, dan Windows Phone

Perbandingan Android, iOS, dan Windows Phone
Perbandingan keunggulan dan kekurangan antara smartphone Android, iOS, dan Windows Phone. Ketika anda ingin membeli gadget atau smartphone baru, selain mempertimbangkan budget, spesifikasi hardware, ada pilihan lain yang bisa jadi bahan pertimbangan, yaitu sistem operasi (OS) yang ditanam dalam handset tersebut.

Masing-masing handset tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, di mana kelebihan handset berbasis iOS tak dimiliki oleh handset berbasis Android. Berikut ini perbandingan antara Android, iOS , dan Windows Phone:

Berikut ini perbandingan sistem operasi Android, iOS, dan Windows Phone yang tertanam di smartphone atau tablet yang bisa anda gunakan untuk referensi dalam membeli gadget baru.


Keterjangkauan
Apple dikenal tidak membuat perangkat murah dan iPhone terbaru selalu di antara handset paling mahal di pasar. Sementara Microsoft selalu pandai memproduksi hardware dengan harga yang relatif rendah. Ada beberapa Windows Phone yang mampu bersaing dengan Android dan iOS, seperti Lumia 435 yang baru-baru ini dirilis oleh Microsoft.

Kendati demikian, keterjangkauan tersebut dapat dikalahkan oleh Android. Terdapat pilihan yang banyak untuk handset murah dari berbagai produsen berbeda dan platform telah dioptimalkan berjalan pada hardware low-end. Fakta lain, Android dapat unggul di antara OS lainnya ialah ketersediaan aplikasi murah yang ada di perangkat tersebut

Interface
Ketiga platform tersebut saat ini condong ke arah minimalis, flat, cepat, dan penggunaan interface yang berwarna-warni. Perbedaan besar adalah banyak produsen Android telah menambah interface pengguna mereka sendiri di atas persediaan Android, dan ini membuat sistem Anda bervariasi dibanding dengan dua platform lainnya.

Setelah mendesain ulang iOS 7, platform Apple tampak lebih terang dan terasa lebih modern. Animasi yang apik dapat memberikan kesan kedalaman dan dapat mudah dimengerti. Namun beberapa orang mengeluhkan bahwa versi baru iOS itu tidak enak dipandang. Apple sendiri telah membuat pembaruan iOS tersebut, tapi estetika yang dibawa handset itu tetap tidak berubah.

Sementara Windows Phone didasarkan pada grid “Live Tiles” yang dapat diatur dan diubah ukurannya sesuai pemiliknya. Ini tampak terlihat seperti Windows 8 di PC dan tablet. Windows Phone terkadang dapat terasa terlalu stylish dan lamban dibanding dengan iOS dan Android.

Aplikasi
Jika bicara Aplikasi, Windows Phone sepertinya akan tertinggal dengan dua platform lainnya. Secara tradisional iOS telah menjadi platform yang lebih menggiurkan untuk pengembang dan lebih mudah mengembangkan aplikasi di sini, jadi ada kecenderungan untuk aplikasi baru akan muncul di sana pertama kali. Tapi itu berubah, mengingat pasar Android terus tumbuh. Play Store masih memiliki presentase aplikasi gratis lebih tinggi dari App Store.

Toko aplikasi alternatif
Android memiliki banyak toko-toko aplikasi alternatif di luar Play Store, meskipun sideloading dapat membuka Anda sampai risiko malware. Sementara Apple dan Microsoft menentang penggunaan toko aplikasi pihak ketiga, dan mengharapkan pengguna untuk tetap ke toko aplikasi masing-masing platform. Jika Anda menginginkan pilihan aplikasi yang lebih luas dan meng-install yang mudah, maka pilihannya jatuh ke platform Android.

Ketahanan baterai dan manajemen
Sebagai salah satu faktor besar memilih smartphone, baterai merupakan faktor yang sangat besar. Sulit untuk membandingkan tiga platform, secara umum, iOS dinilai boros baterai tetapi Anda dapat membeli perangkat Android dengan baterai yang jauh lebih besar dan hidup lebih lama dibanding iPhone.

Di Android sendiri, banyak aplikasi yang menawarkan hemat baterai dan bahkan kini ada fitur battery saver di dalam perangkat Android. Selain itu, beberapa produsen Android juga banyak yang telah menyediakan fitur hemat baterai.

Sementara pada Windows Phone memiliki pilihan battery saver yang menunjukkan perkiraan masa hidup baterai, dan memungkinkan Anda untuk mematikan penggunaan background untuk aplikasi atau fitur yang tidak diperlukan.

Tak mau kalah dengan kedua rivalnya tersebut, Apple juga telah memperkenalkan statistik lebih rinci tentang penggunaan baterai melalui aplikasi di iOS 8. Sayangnya, Apple tidak memiliki aplikasi atau mode battery saving.

Update OS
Ketiga platform diperbarui secara cukup teratur. Pada saat diperbarui, terdapat beberapa fitur baru dan desain ulang, namun pembaruan tersebut lebih sedikit untuk diperuntukan perbaikan bug. Microsoft dan Apple memiliki kontrol yang lebih besar terhadap perangkat lunak, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menggelar update, dan perangkat yang kompatibel cenderung meng-upgrade ke versi terbaru tepat waktu. Apple selalu meninggalkan beberapa perangkat lama ketika software baru keluar.

Rooting atau Jailbreak
Banyak OEM Android menawarkan cara untuk membuka bootloader. Sementara Apple dan Microsoft bertentangan dengan hal semacam itu. Unlocking dan rooting, kemungkinan dapat dilakukan beberapa perangkat dan beberapa versi Windows. Sementara Jailbreak merupakan salah satu pilihan untuk iOS yang memungkinkan Anda men-download, dan menginstall aplikasi di luar App Store dan memotong keterbatasan lainnya.

Keamanan
Laporan Digital Trend mengungkapkan bahwa iOS merupakan pemenang dalam hal keamanan ponsel. Apple telah mengakar kuat di perusahaan Amerika dan juga bekerja pada peningkatan bagi konsumen umum, terutama dengan Touch ID. Pengawasan ketat terhadap aplikasi Apple dan kemampuan untuk melakukan pembaruan ke perangkat lainnya, lebih cepat, membuat Apple dinilai memiliki keamanan lebih ketimbang Android.

Sementara Windows Phone meski belum banyak digunakan, namun Microsoft tentu bekerja untuk meningkatkan keamanan untuk perangkatnya.

No comments:

Post a Comment