Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara menambah RAM di Android

Cara menambah RAM di Android
Cara menambah RAM di Android -  Saat ini sistem operasi Android masih merajai untuk penggunaan smartphone dan tablet. Selain murah Android juga merupakan open source sehingga lebih banyak mendapatkan respon postif dari para vendor dan pengembang aplikasi mobile.

Tidak seperti laptop atau PC yang bisa kita upgrade memori (RAM), memori dalam smartphone sudah tertanam, sehingga tidak bisa kita tambahkan lagi secara fisik, nah artikel ini akan membahas cara menambah RAM di Android dengan tweaking sistem.

RAM (Random Access Memory) akan selalu ada pada setiap smartphone, entah smartphone Android ataupun platform lain dan juga pada komputer. RAM pada Android memiliki fungsi yang sama seperti RAM komputer yakni untuk menyimpan banyak informasi saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Namun jika RAM Android penuh maka kinerja smartphone Android Anda akan melambat.

Ada beberapa saran agar smartphone tidak lambat yaitu dengan cara menghapus beberapa data atau file yang tidak diperlukan, bahkan menghapus aplikasi yang sudah tidak perlu. Setalah kita menghapus data tersebut namun tidak ada perubahan sama sekali, dan smartphone Android Anda tetap lambat. Mungkin salah satu tips dan trik ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan kinerja smartphone Android yakni dengan menambah RAM Smartphone Android.

Berikut ini tips dan trik cara menambah RAM di Android.

1. Lakukan konfigurasi pada Aplikasi Swapper
Langkah pertama download terlebih dahulu aplikasi Swapper di Play Store dan Install aplikasi Swapper di smartphone Android yang akan ditambah RAM. Aplikasi Swapper berfungsi untuk menambah vitual memory dan memori ini yang akan membanti kinerja RAM (sebaiknya memori digunakan memiliki kemampuan Read/write tinggi). Setelah aplikasi di Install, tahap selanjutnya yakni melakukan konfigurasi dan panduan berikut :

  1. Aktifkan opsi Active Swap on Boot.
  2. Pada bagian Swap File Positition, pilih opsi  SD Card FAT Partition.
  3. Dan pada bagian Swap File Size, masukan nilai yang akan digunakan untuk virtual memori, misalnya 1000MB (1GB).
  4. Simpan pengaturan.

Cara menambah RAM di Android 1


2. Lakukan konfigurasi pada aplikasi SD Booster.
Langkah kedua yakni menambah aplikasi SD Booster, aplikasi SD Booster sendiri merupakan aplikasi yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecepatan SD card guna membaca serta menuliskan data. Aplikasi SD Booster hampir mendukung semua jenis SD card, berjalan otomatis saat booting, tidak hanya meningkatkan memori internal tapi juga memori eksternal.
Menggunakan aplikasi SD Booster akan mempercepat aktifitas dilakukan seperti saat memainkan sebuah game, menjalankan aplikasi ataupun menata file.  Yang perlu dilakukan adalah meng-install aplikasi SD Booster dan lakukan konfigurasi, ikuti cara dibawah ini.
  1. Pada kolom Cache Size (KB) isi dengan nilai, misal 2048 (adapun nilai yang direkomendasikan adalah 1024 atau 2048). Nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) adalah nilai yang digunakan saat ini.
  2. Setelah diaktifkan pilih Set On Boot, berfungsi untuk membuat nilai cache tidak kembali ke awal secara otomatis saat smartphone Android mengalami restart.
Cara menambah RAM di Android 2


3. Tambahkan file Juwe RAM Script
Langkah ketiga yakni menambahkan file Juwe RAM Script yang berfungsi untuk mengatur RAM. Namun ada sebagian pengguna yang kesulitan saat memasukkan file Juwe RAM Script. Jika Anda adalah salah satunya, tidak perlu khawatir masih ada alternatif lain yang bisa dilakukan yakni dengan men-download aplikasi RAM Manager Pro. Aplikasi RAM Manager Pro memiliki fungsi yang sama dengan Aplikasi Juwe RAM Script, hanya yang membedakan yakni user interface serta pengaturan-pengaturan pada RAM Manager Pro lebih lengkap. Berikut adalah cara memasukkan file Juwe RAM Script dan sekaligu menjadi tahapan terakhir dalam tips dan cara menambah RAM Smartphone Android.
  1. Pertama Anda harus men-dowload file Juwe RAM Script terlebih dahulu
  2. Langkah selanjutnya Ekstrak file tersebut
  3. Kemudian pindahkan dile ke dalam direktori unit.D di folder System/etc.
  4. Selanutnya ubah pengaturan permission menjadi rwxr-xr-x
  5. Dan kemudian restart smart Android
  6. Setelah langkah tersebut dijalankan sesuai petunjuk, seharusnya perangkat Android Anda akan memiliki kinerja lebih cepat.
Cara menambah RAM di Android 3

Demikian tips sederhana cara menambah RAM di Android. Semoga dengan beberapa langkah sederhana tersebut Android anda bisa lebih kencang lagi.

2 comments:

  1. %If you don�t, but are trying to decide what type of desk to get, then take a look at the pros and cons of a corner desk to help you make a good decision.

    Here is my blog post - corner shelf unit, online-novinka.ru,

    ReplyDelete