Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara menghemat baterai Smartphone

cara menghemat baterai smartphone

Ada beberapa cara untuk menghemat baterai Android atau smartphone bahkan saat kondisi lowbat sekalipun. 

Apayang menyebabkan baterai smartphone cepat habis? Semakin banyak aplikasi yang dijalankan dan digunakan akan membuat baterai smartphone semakin boros dan akhirnya lowbat. Tentunya akan menjadi sangat menyebalkan jika harus menghadapi dengan kondisi baterai lemah, padahal kita sedang menggunakanya untuk keperluan yang sangat penting, pekerjaan atau bahkan hal yang sangat genting. Pelajari cara menghemat baterai smartphone dibawah ini:

Jejaring sosial tak dipungkiri akan selalu menghubungkan pengguna dengan dunia luar, dan membuat mereka tak akan ketinggalan berita terbaru. Membuka banyak aplikasi social network semacam Facebook, Twitter, Path, hingga Instagram akan memunculkan banyak notifikasi yang ternyata turut berperan menggerus baterai smartphone.

Pengguna tidak mungkin menonaktifkan semua pemberitahuan, terutama jika berhubungan dengan pekerjaan, seperti email yang masuk, tapi ada begitu banyak aplikasi yang memberikan notifikasi yang tak penting.

Berikut ini beberapa tips cara menghemat baterai smartphone.

Selain jejaring sosial, notifikasi game yang memberitahu Anda tentang nilai yang tinggi baru atau tingkat baru dapat pula menguras energi baterai, jadi sebaiknya jika tak ingin smartphone mati segera nonaktifkan notifikasi-notifikasi tersebut.

Aplikasi Latar Belakang
Hanya karena sudah keluar aplikasi, tidak berarti bahwa ia telah berhenti berjalan dan aplikasi latar belakang dapat menguras secara konstan daya baterai Anda. Aplikasi yang berjalan di belakang layar ini mungkin tidak diketahui sebagian orang, jadi pengguna dapat menutupnya dengan masuk ke task manager atau menekan tombol home beberapa detik, kemudian tutup aplikasi dengan swipe.
Namun, terdapat pula beberapa aplikasi pihak ketiga seperti Advanced Task Killer yang secara auto akan menutup aplikasi latar belakang tersebut.

Turunkan Kecerahan Layar
Meskipun Anda tidak perlu sampai membawa obor untuk melihat layar smartphone, peredupan layar dapat dilakukan setidaknya untuk memperpanjang waktu hidup baterai yang kritis. Smartphone biasanya memiliki fitur auto-brightness yang memungkinkan layar secara otomatis akan menyesuaikan dengan jumlah cahaya di sekitar Anda.

Selain fitur auto-brightness, Anda dapat pula mengurangi tingkat kecerahan layar Anda secara manual. Penurunan kecerahan layar sekecil apapun diklaim dapat menghasilkan penghematan baterai.

Download Aplikasi Baterai Server
Ada berbagai macam aplikasi hemat baterai yang tersedia di Android dan iOS yang akan membantu mengelola baterai smartphone. Mereka benar-benar disesuaikan, sehingga Anda tidak perlu kompromi dengan berbagai fungsi di smartphone untuk menghemat daya.

Pada dasarnya, aplikasi ini bekerja karena memiliki fitur untuk menonaktifkan atau mengurangi kinerja baterai ketika ponsel dalam keadaan tak terlalu banyak digunakan, namun aplikasi ini akan kembali membuat kapasitas baterai penuh seketika saat pengguna membutuhkannya.

Meski begitu, pengguna harus tetap selektif memilih aplikasi baterai server untuk smartphone mereka, karena ada banyak pula aplikasi penghemat baterai yang tak berguna di smartphone dan justru akan menghabiskan baterai.

Matikan Koneksi Jaringan Internet
Saat kondisi smartphone melemah, hal yang harus anda lakukan adalah mematikan koneksi jaringan internet. Hal ini akan membuat smartphone menghemat sejumlah besar daya baterai dalam ponsel anda.

1 comment: