Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara Menggunakan Fetch as Google Bot

cara menggunakan fetch as google bot
Cara menggunakan fetch as Google Bot. Banyak teman-teman blogger bertanya di group blogger "sudah hampir beberapa bulan blogging tapi pengunjung tidak lebih dari 20 setiap hari, itupun kalau sharing di media sosial dan ini membuatku frustasi dan putus asa, 

Bagaimana cara mendapatkan pengunjung?". Sudah di submit ke webmaster belum gan? "Sudah gan" jawabnya. Sudah bikin sitemap gan? "Sudah juga gan".

Apa yang anda submit di Webmaster Tool adalah url homepage, bukan artikel, nah cara submit artikel di Webmaster adalah dengan alat Fetch as Google atau Ambil sebagai Google. Metode ini sangat disarankan setelah anda selesai membuat artikel.

Fetch as Google adalah fitur Webmaster Tool yang memungkinkan anda untuk mengirim URL artikel, menevaluasinya untuk di index pada Google untuk dirayapi konten anda, sehingga artikel anda bisa masuk pada halaman pertama Google.

Fetch as Google

Fetch : Dalam metode ini, Googlebot akan merayapi URL berdasarkan jalur yang anda tentukan, dan anda dapat melihat respon situs anda dikirim ke Googleboot dengan cepat. Hal ini dapat digunakan untuk memeriksa konektivitas, kesalahan dasar, pengalihan atau keamanan pada situs anda.

Fetch and Render : Dalam metode ini, Google merayapi URL dan menampilkan halaman dengan cara: Googlebot akan merayapi semua elemen pada situs anda seperti, gambar, CSS, dan Javascript file. Kode apapun dalam situs anda akan dirayapi oleh Googlebot, termasuk visual layout halaman situs anda.

Catatan: pilihan Fetch and Render tidak tersedia untuk WML dan cHTML saat ini. Jadi halaman situs anda tidak akan bisa ditampilkan pada pencarian dari ponsel.

Berikut ini cara menggunakan Fetch as Google:

  1. Masuk ke Webmaster anda.
  2. Pada navigasi sebelah kiri, pilih Crawl dan kemudian pilih Fetch as Google.
  3. Dalam kotak teks yang tersedia, masukan URL artikel anda.
  4. Klik tombol Fetch atau Fecth and Render.

Fitur ini merupakan salah satu senjata yang berguna untuk mendapatkan hasil tinggi di mesin penelusuran Google.

10 comments:

  1. lebih baik pake fetch atau fetch and render?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai kebutuhan gan. Jika blog agan tiap hari buat artikel lebih baik pakai fetch saja. Karena fetch and render akan membuat artikel lebih lama terindek.

      Jika agan ingin "mengatrol" kembali gunakan fetch and render. Misalnya agan buat satu artikel yang didalamnya ada banyak link lama. Contoh:
      Baca juga bla bla bla bla.
      Atau suatu artikel yang didalamnya berisi daftar isi

      Delete
  2. Mas kalau status PARTIAL pada fetch and render itu kira-kira berapa lama sampai status COMPLETE? soalnya url artikel saya sudah lama statusnya masih partial, apa penyebabnya? trim's

    ReplyDelete
  3. Kalau menggunakan fetch and render statusnya memang partial gan.

    ReplyDelete
  4. Dapat ilmu baru lagi... oh ya om, ada batasan ga menggunakan fetch as google itu?

    ReplyDelete
  5. Setelah saya coba ternyata ada perubahan positif juga untuk perkembang blog yang saya kelola. Terimakasih blog mas telah menjadi salah satu blog favorit saya

    ReplyDelete
  6. Kalo measukkan urlnya ditolak kesalahannya dimana mas...kasih sarannya ya?

    ReplyDelete
  7. Mas, kalau tiap habis edit artikel/page apa harus di fetch as lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya iya, tapi jangan sering edit/update artikel, nanti dianggap spam

      Delete