Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Mengatasi Print Spooler Error

Mengatasi print spooler error. Servis untuk printer ada di spooler / print spooler / spool / spoolsv.exe adalah layanan dari sistem operasi Windows yang berjalan dilatar belakang komputer. Ini tidak terlihat tapi terus berjalan dilatar belakang untuk memantau permintaan pencetakan ketika tombol print ditekan pada antarmuka program.

Service adalah sesuatu yang berjalan dilatar belakang komputer  untuk tugas-tugas tertentu. Dalam contoh layanan print spooler, spooler printer menunggu sampai pekerjaan cetak diminta dan kemudian menjadi aktif. Spooler printer bertanggung jawab untuk menstransfer data dalam tugas mencetak ketempat penyimpanan sementara yang dapat diakses oleh printer.

Jika print spooler berhenti bekerja, data yang melengkapi tugas cetak yang diminta tidak dipindahkan kelokasi yang diperlukan dan tidak akan direspon oleh printer. Tanpa spooler printer, kemampuan untuk mencetak akan menjadi hilang.

Print Spooler Error
User yang memulai mencetak dengan jumlah yang banyak pada pekerjaan kedalam antrian cetak mungkin akan mengalami kesalahan dengan layanan spool dan akan menghasilkan pesan kesalahan seperti ini:
Spooler subsystem app has encountered a problem and needs to close. Operation could not be completed.
Jika anda menerima pesan galat yang mirip dengan pesan diatas, ada kemungkinan kesalahan dengan layanan print spooler spoolsv.exe. Layanan ini dapat menjadikan masalah karena konflik dengan layanan manajemen cetak pihak ketiga milik perangkat cetak perifer.

Semua printer mempunyai driver yang memungkinkan fungsi printer untuk terhubung dengan layanan cetak spool pada sistem Windows, hal ini sering bertentangan dengan service spool generic yang disediakan oleh Windows. Konflik ini dapat menyebabkan antrian cetak menjadi macet atau tidak responsif, sehingga mengakibatkan printer tidak bisa bekerja.

Masalah tersebut sering terjadi karena diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:
Driver printer rusak atau out of date: anda bisa melakukan instal ulang driver printer anda.
Restart layanan spooler: pada Windows 7 klik logo Windows> Control Panels> System and Security>  Administrative Tools> Services> cari dan dobel klik Print Spooler lalu rubah satatus Start menjadi Stop.

Setelah service Print Spooler dihentikan kemudian Start lagi. Restart komputer anda.

1 comment: