Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Terbuka di Windows 8

Mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Windows 8. Beberapa aplikasi di Windows 8 tidak bisa terbuka secara sempurna, setelah di jalankan langsung tertutup lagi. Jika anda mengalami masalah seperti ini, dimana sebuah aplikasi gagal untuk dijalankan, biasanya itu masalah permission.

Ada banyak alasan mengapa aplikasi gagal untuk dijalankan salah satunya folder Windows dan masalah pengaturan registry telah berubah, baik secara manual atau karena program aplikasi tertentu. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan memeriksa semua izin untuk folder tersebut dan pengaturan registry dan memastikan bahwa seting telah benar dilakukan. Artikel ini akan membahas cara mengatasi aplikasi tidak bisa terbuka di Windows 8.

Windows 8 Event Log
Anda dapat mengkonfirmasi apakah ini adalah penyebab dari masalah tersebut dengan membuka event log dan memeriksa untuk Event ID 5961 dalam event log. Anda dapat membukanya melalui pencarian dengan mengetikan "event log".
Anda harus melakukan navigasi ke file log berikut ini untuk melihat apakah event ini ada atau tidak.
Application and Services Logs\Microsoft\Windows\Apps\Microsoft-Windows-TWinUI\Operational. Sampai disini anda dapat melihat sejumlah event terdaftar, mungkin sampai ribuan. Untuk mencarinya anda tidak bisa menggunakan cara manual, jadi klik tombol Search di bagian paling kanan lalu ketik 5961. Melalui pencarian log itu dan jika ditemukan, maka baris log itu akan disorot. Klik dua kali pada baris itu dan anda akan melihat beberapa informasi seperti dibawah ini:
Log Name: Microsoft-Windows-TWinUI/Operational
Source: Microsoft-Windows-Immersive-Shell
Event ID: 5961
Level: Error
Description:
Activation of the app for the Windows.Launch contract failed with error: The app didn’t start.
Jika event log tersebut ada, maka permission dalam komputer anda bermasalah bagi kelompok baru di Windows yang disebut All Packet Application. Semua paket aplikasi meliputi setiap setiap aplikasi yang dipasang di Windows 8. Jika kelompok aplikasi ini tidak memiliki izin untuk folder tertentu, maka aplikasi gagal dijalankan.

Perbaiki Permission File System
Pertama, perbaiki hak akses file sistem. Hal ini pada dasarnya memeriksa pada tiga folder: Program Files, Windows, dan User. Buka Explorer lalu klik kanan pada C:\Windows dan pilih pada tab Security. Berikut ini seharusnya terlihat gambar izin yang benar.

Jika tidak ada izin hak akses pada direktori, klik Next pada tombol dibagian kanan bawah . Pada kotak dialog berikutnya klik tab Change permission.
Selanjutnya klik tombol Add.

Pada langkah ini klik Select principal dan kemudian ketik All packages application kedalam kotak nama obyek. Pastikan untuk mengklik tombol Check Names sebelum mengklik tombol OK.

Pastikan Type sudah diseting Allow dan Applies to This Folder, subfolder and files. Dibagian izin, pastikan anda memiliki Read & Excecute, List folder content dan Read, kemudian klik OK.

Anda akan dibawa kembali ke layar utama permission, ganti semua izin obyek.
Setelah anda melakukan pengaturan ini untuk direktori Windows, anda juga harus melakukan pengaturan hal yang sama untuk C:\ Users dan C:\Program Files. Jika anda menggunakan Windows 64-bit, anda juga harus melakukan hal yang sama pada C:\Program Files (x86)

Memperbaiki Registry Permission
Untuk entri registry, buka regedit melalui kotak pencarian lalu ketik regedit.exe. Steleh registry terbuka, periksa izin HKEY_USERS. Klik kanan pada HKEY_USERS lalu klik Permission.

Pastikan bahwa All Package Application memiliki izin Read.

Sekarang lakukan hal yang sama untuk HKEY_CLASSES_ROOT - HKEY_LOCAL_MACHINE dan cek pada HARDWARE, SAM, SOFTWARE and SYSTEM. Masalah utama pada aplikasi tidak bisa terbuka pada Windows 8 adalah hak permisi, seharusnya semua aplikasi sudah terbuka setelah anda melakukan pengaturan dengan benar.

29 comments:

  1. Klik tombol checknames itu untuk apa min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk memastikan semua paket yang diberi ijin hak permisi

      Delete
  2. oke pak akan saya coba.peonya pak.nting bangettt nih..trim inf

    ReplyDelete
  3. min kalo kaya gini kenapa ya https://www.youtube.com/watch?v=56oRV4IRUZ0 plis bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada keteranganya sama sekali ya mas? Kasusnya hampir sama dengan artikel ini. Beri hak akses pada folder gta mas, semoga berhasil

      Delete
  4. taro youtube please tutorialnya ngga bisa juga :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Windows 8 kasus aplikasi tidak bisa terbuka itu faktornya banyak mas. Silahkan print screen errorrnya dan kirim ke email saya dedysantoso48@gmail.com insya allah secepatnya saya balas

      Delete
  5. mantap gan, dota ane terbuka sebentar lalu tertutup lagi dan saya praktekan bisa. thanks you gannnn

    ReplyDelete
  6. Mau nanya gan,
    kan saya pake windows 7 terus setelah saya klik "check names " tulisannya
    "name not found" itu gimana ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk Windows 7 lebih mudah pakai cara ini gan>>
      1. klik kanan pada icon aplikasi yang tidak bisa terbuka di desktop
      2. pilih "Trobleshoot Compability" maka sistem akan melakukan scan
      3. setelah selesai scan, pilih "Try recomended settings"
      4. Otomatis Windows akan memberikan opsi untuk dijalankan dengan XP SP2 atau SP3
      5. Klik tombol start program.
      6. ikuti langkahnya sampai selesai kemudian save.

      mohon maaf jika terlalu lama membalas karena komentar pada blog ini banyak. terima kasih

      Delete
  7. Mau nanya gan.. klo aplikasi di windows 8 opennya lama seperti ada delay itu kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa faktor gan:
      1. aplikasi terlalu berat atau crash dengan system. pastikan memilih sesuai dngan jenis sistem prosesor Windows: 32 bit / 64 bit
      2. prosesor atau memori RAM kurang kuat
      3. VGA card kurang kuat (biasanya untuk membuka game)
      4. sistem Windows bermasalah

      Delete
  8. mas di saya kok gaada All Application Package nya ya? cuma ada authenticated users, system, administrators (acer/administrators), users (acer/users), itu aja.. gimana nih?

    ReplyDelete
  9. Semuanya langkah di artikel ini sudah saya ikuti tapi tetep aplikasi dari Windows nggak bisa jalan, pas dibuka tiba tiba minimize sendiri dan apps didn't start.. Dan pada dasarnya semuanya normal tanpa mengubah permission...
    Mohon bantuannya, terimakasih

    ReplyDelete
  10. bang kenapa ya event log nya malah keluar "MMC could not create the snap-in" jadi ga bisa diapa2in

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya NET FRAMEWORK bermasalah, versi 2.0, 3.0, atau 3.5

      Delete
  11. saya download winrar mau di instal tapi ga bisa dibuka itu gmn ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin file hasil download bermasalah mas. Sebab winrar support untuk Windows veris apapun, termasuk 64 bit dan 32 bit

      Delete
  12. Aplikasi instalan sya di win 8.1 gk mau terbuka gan. Sebagian aja yang mau terbuka. Tapi stelah saya back up bisa...sperti smula keadaanya
    Saya mau nanya nih gan
    kalau udah bisa terbuka apa gejala aplikasi gk terbuka di laptop saya akan terjadi lagi....?

    ReplyDelete
  13. Gan klo file semua gak bisa kebuka gimana ya gan ? Warna file nya jadi putih bukan logo lagi gan klo diklik gak bisa sama sekali gan dari mozila folder file pokonya semua nya gan di windows 8 . Mohon bantuannya gan makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya komputer agan sudah parah terkena virus. Install ulang windows solusinya

      Delete
  14. Nanya Mas, kalo di windows 10 apakah sama, saya mencoba membuka aplikasi portable sejauh ini masih bermasalah/tidak terbuka

    thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  15. Gan punya saya aplikasi start menunya yang mau buka cuma sebagiannya doang. padahal pas ane perbaiki permission file systemnya itu semua udah all application packages tp aplikasi start menunya kaga mau buka. Mohon pencerahannya gan.

    ReplyDelete
  16. Kaka.. Netbook rin kenapa ya? Ga bisa buka applikasi.. Restart sama shut down aja ga mau jalan.. Itu kenapa ya? Jadi ga bisa belajar kaka.. :'(

    ReplyDelete