Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Menjaga Performa Komputer

Untuk menjaga performa komputer penting untuk melakukan pemeliharaan rutin dan membersihkan hardrive anda dari file sampah yang tidak diinginkan, seperti program lawas, shortcut, file, dan folder yang tidak lagi digunakan. Menghapus file-file ini terbukti mampu mempercepak kinerja komputer serta membebaskan ruang penyimpanan yang lebih luas pada hard drive.

Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana melakukan pembersihan menggunakan Windows Disk Cleanup, sebuah utilitas gratis bawaan Windows. Berikut ini langkah untuk menghapus junk file menggunakan Disk Cleanup.

1. Klik Start> Programs> Accessories> System Tools> Disk Cleanup. Atau anda bisa langsung klik Start> Run lalu ketikan cleanimgr di jendela lalu tekan enter.

2. Pada jendela yang baru terbuka, pilih drive yang akan dibersihkan dari menu dropdown.
Memilih hard drive

3. Anda juga dapat membuka My Computer, klik kanan pada drive yang akan dibersihkan, klik Properties, klik tab General, kemudian klik Disk Cleanup.

4. Sekarang Disk Cleanup akan menganalisa drive yang dipilih untuk menentukan berapa banyak ruang dapat dibebaskan. Proses ini akan memakan waktu.

5. Setelah penghitungan selesai, daftar kategori file bisa anda pilih. Anda bisa memilih opsi otomatis atau pilihan lain. Sebaiknya meninjau kategori yang akan dihapus. Klik pada kategori akan menampilkan informasi lebih lanjut.
Kategori file yang akan dihapus

6. Jika anda tidak yakin akan menghapus file tertentu dalam kategori setelah membaca deskripsi, klik pada tombol View File, maka daftar lengkap file individu yang akan dihapus akan ditampilkan dalam Windows Expolrer. Disini anda dapat memilih dan memindahkan file dengan menyeret. ke kategori yang aman. Stelah anda meninjau semua kategori, klik OK untuk memulai pembersihan.

Sebagian besar sampah yang tidak dibutuhkan dalam hardrive akan dihapus dengan melakukan Disk Cleanup. Namun, setelah melakukan Disk Cleanup, banyak ruang kosong dan kesenjangan yang tertinggal dalam hard drive anda. Ini adalah waktu yang ideal untuk melakukan Defragment pada hardisk anda. Defragment adalah reorganisasi hardrive pada komputer anda agar lebih teratur.

No comments:

Post a Comment