Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara Partisi Hardisk Sebelum Menginstal Windows 10

Ingin menginstal Windows 10 pada PC anda.? Buat partisi hardisk sebelum instal agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jadi anda tertarik untuk mencoba instal Windows 10.? Nah, anda beruntung, Microsoft merilis preview teknis dari sistem operasi Windows yang sebentar lagi dirilis, anda bebas mengunduh dan menginstal.
Windows 10

Ada beberapa pilihan yang berbeda untuk mendapatkan Windows 10 pada perangkat PC anda. Anda hanya bisa menginstal pada PC sekunder pada sistem operasi Windows yang sudah ada, anda dapat menggunakan emulator PC virtual untuk menguji atau anda dapat melakukan partisi hardisk dan menginstalnya pada PC utama anda.

Saat menggunakan PC virtual untuk menginstal Windows 10 mungkin lebih mudah, kinerja komputer akan menjadi berat karena anda membagi memori antara dua sistem operasi. Membuat partisi hardisk yang akan membagi partisi hardisk kepenyimpanan yang berbeda, akan membuat anda menjalankan Windows 10. Bagian terbaik menggunakan metode partisi hardisk adalah bahwa setelah itu anda bisa menghapus instalasi dengan menghapus partisi dan kembali ke Windows normal.
Disk Management

Buka Control Panel > System and Security > Administrative Tools. Klik dua kali pada Computer Management dan bawah Storage submenu, pilih Disk Management.

Klik kanan drive utama anda lalu pilih Shrink Volume dari daftar. Jika anda menginstal versi 32-bit Windows 10, anda membutuhkan setidaknya 16 GB, sedangkan untuk versi 64-bit akan memerlukan 20 GB. ruang bebas volume hardisk. Pada contoh ini saya mengalokasikan 100 GB dari total volume 700 GB untuk instalasi Windows 10, yang dirasa sudah cukup untuk mencoba instalasi sistem operasi baru.
Membuat Partisi hardis baru

Sekarang anda akan melihat sebuah partisi "Unlocated Space" yang muncul disamping Volume C. Klik kanan pada Unlocated Space lalu pilih New Simple Volume lalu klki tombol Next. Setelah mengklik Next untuk ketiga kalinya, akan muncul jendela yang akan meminta anda untuk melakukan format pada volume hardisk yang baru dibuat. Pastikan anda memilih NTFS untuk sistem file dan beri nama, dalam contoh ini kita beri nama "Windows 10". Klik next untuk yang terakhir kalinya untuk menyelesaikan partisi baru. Sekarang anda bisa menginstal Windows 10 pada PC anda.

Untuk mengembalikan ke Windows sebelumnya, klik partisi lalu pilih "Delete Volume", kemudian klik kanan pada drive C dan pilih "Extend Volume".

4 comments: