Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara Menggunakan Google Drive di Android

Cara menggunakan Google Drive di Android dan iOS telah dirilis. Sejak diluncurkan pada awal tahun 2012, aplikasi Google Drive telah melakukan banyak perubahan. Sekarang berfungsi lebih baik untuk mengakses berbagai jenis file yang anda simpan di Google Drive.

Dasar Google Drive di Android

Layar utama Google Drive menyediakan beberapa pilihan untuk navigasi file anda. Anda akan memiliki akses yang sangat cepat ke file Drive, dokumen yang telah dibagi dengan anda, file atau folder yang sudah dibintangi, baru dibuka atau diedit serta setiap file yang sudah diunduh untuk akses secara offline.

Ketika pertama kali aplikasi dibuka, anda akan menemukan beberapa daftar folder dan file yang tersimpan di Google Drive. Tampilan thumbnail default (digambarkan disebelah kiri atas) dapat dirubah ketampilan daftar (tengah) dengan cara menekan pada ikon daftar diatas menu bar.

Tentu, menekan pada menu item dapat membukanya. Menekan pada ikon "i"  akan membuka layar rincian untuk masing-masing berkas atau folder. Pada layar ini, anda dapat melihat siapa saja yang memiliki hak untuk mengakses file anda. Selain itu, anda akan menemukan pilihan untuk berbagi, memindahkan, menghapus, mengubah nama, dibintangi (untuk akses cepat) dan file pilihan untuk mengunduh keperangkat anda untuk akses offline.

Aplikasi Google Drive untuk Android baru-baru ini memperbarui desain materialnya, lengkap dengan tombol "New" yang mengambang dan animasi yang menarik. Penyadapan pada lingkaran, tombol merah akan memunculkan prompt. Pilihan untuk membuat dokumen baru termasuk mengunggah file dari perangkat Android anda, memindai dokumen, membuat folder dan membuat docs.

Tiga pilihan terakhir membutuhkan aplikasi yang harus diinstal pada perangkat anda. Pastikan untuk menginstal Docs (Android atau iOS). Jika anda mencoba membuat dokumen tanpa aplikasi, Google Drive akan meminta anda untuk menginstalnya sebelum melanjutkan. Melihat dokumen tanpa menginstal aplikasi masih bisa dilakukan, tetapi kemampuan untuk mengedit sangat terbatas.

Anda dapat langsung mengunggah file ke Google Drive dari perangkat anda. Sangat penting untuk diketahui, di Android menginstal file manager seperti Astro File Manager diperlukan untuk menelusuri semua file yang tersimpan pada perangkat anda. Secara default, anda dapat mengakses gambar, video, audio, dan file download. Untuk pengguna iOS dibatasi untuk video dan gambar saja.

Perlu diingat, jika anda ingin menempatkan item baru dalam folder tertentu, anda perlu untuk mengatur ke folder yang telah dibuat dalam aplikasi sebelumnya. Jika tidak, file upload akan disimpan pada direktori root dari akun Google Drive anda.

Geser menu dari sisi kiri layar, dimana anda dapat beralih rekening atau melihat file yang dibagikan. Dibawah daftar menu pada Android, anda akan menemukan pilihan untuk melihat pengaturan aplikasi dan jumlah ruang drive yang anda gunakan dari masing-masing akun. Dalam pengaturan untuk aplikasi Google Drive, anda dapat mengatur jumlah data anda. Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan enskripsi dokumen offline.

3 comments:

  1. Adakah beberapa petunjuk/tips menyetting Google Drive agar semua data yang kita upload aman dan tidak bisa diakses oleh orang lain??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpan di folder private pak, jangan di sharing

      Delete
  2. Thanks Brooo....Bisa mulai di coba nie...

    ReplyDelete