Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara mengatasi komputer yang lemot

Cara mengatasi komputer yang lemot. Ada banyak cara untuk membantu mengatasi komputer yang lemot. Hanya membutuhkan sedikit waktu dan siapapun bisa melakukanya, termasuk orang awam. 

Anda juga bisa menggunakan aplikasi perangkat lunak untuk optimasi kinerja komputer anda seperti SlimCleaner, anda bisa mengunduh program tersebut disini.

1. Hapus program yang tidak dibutuhkan
Ketika kita menggunakan komputer, pastikanlah hanya program yang dibutuhkan saja yang terpasang pada komputer. Entah itu program untuk mendukung pekerjaan, honi, atau berselancar. Pastikan juga aplikasi yang terpasang pada komputer anda kompitabel dengan sistem operasi. Semakinbanyak program yang diinstal, semakin besar kemungkinan sumber daya komputer anda akan melemah.

Sebuah cara yang tepat adalah dengan melihat program yang sudah diinstal dan memutuskan mana yang anda gunakan dan mana yang perlu dihapus dari instalasi. Untuk Windows 7 klik logo Windows, pada kotak pencarian ketikan "Add or Remove Program". Akan keluat jendela baru, disini anda dapat memilih program yang akan dicopot dari instalasi. Klik program yang akan dihapus lalu pada taskbar atas klik "Uninstall"
Uninstall program

2. Lepaskan  startups yang tidak diinginkan
Ketika anda menginstal perangkat lunak baru, biasanya otomatis akan meminta hak pada startup. Ini berarti bahwa ketika komputer dinyalakan, program tersebut otomatis akan berjalan. Kelebihan pada startup adalah ketika komputer menyala,maka program yang masuk dalam startup siap digunakan kapan saja. Tetapi jika semua program berjalan sekaligus secara bersamaan, maka kecepatan sistem tol akan terganggu, menyebabkan boot komputer menjadi lambat, dan memakan waktu lebih lama. Anda bisa menghentikan startup program tanpa menghapus instalasinya. Pada Windows 8, buka "Task Manager", atau anda dapat menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan CTRL+SHIFT+ESC.

Ketika Task Manager terbuka, buka tab berlabel Startups. Disini anda dapat melihat daftar item yang ditetapkan untuk memulai ketika Windows dinyalakan. Untuk menonaktifkan atau mengaktifkan entri startup yang diberikan, cukup sorot entri dan klik tombol Enable atau Disable di pojok kanan bawah.
Enable / Disable Starups
Pada windows 7 pada kotak pencarian ketikan "msconfig" lalu tekan enter.Setelah jendela baru terbuka, klik tab startups, centang program yang diinginkan lalu klik tombol Disable atau Enable lalu klik tombol Apply.

3.  Hapus data sampah
Komputer anda akan terus menyimpan data junk dari internet, program,  dan sistem log, dan history. Masalahnya adalah, data sementara ini dapat menumpuk dari waktu kewaktu. Hal ini dapat memakan ruang dan juga memiliki potensi menimbulkan resiko keamanan. Cara mudah untuk membersihkan akumulasi sampah adalah dengan fitur Disk Cleanup pada Windows. Untuk menggunakanya, ketikan "Disk Cleanup" dikotak pencarian. Akan keluar kotak dialog, pilih drive hardisk yang akan diproses, lalu klik OK.
Dusk Cleanup

4. Defragmen hard drive anda
Ketika anda melakukan defragmen hardisk, berarti anda memberitahu komputer untuk mengambil perbedaan dan menempatkan mereka bersama-sama, sehingga menjadikan area lebih luas yang ditunjuk sebagai ruang bebas. Memiliki banyak ruang bebas berpotensi untuk meningkatkan efisiensi komputer anda.

Klik "Defragment and Optimize your driver. Akan membuka jendela optimize drive dimana anda dapat memilih disk untuk di defrag.

No comments:

Post a Comment