Troubleshooting Windows

[Windows][bsummary]

SEO

[SEO][twocolumns]

Tips & Trick

[Tips and Trick][bigposts]

Cara kalibrasi monitor di Windows dan Mac OS X

Pelajari cara tweaking desktop atau laptop menggunakan pola tes gratis atau built-in di Windows dan Mac OS X. Jika tampilan monitor anda agak redup, kurang terang atau bahkan beberapa warna kurang akurat sebagaimana mestinya.? Jika demikian, saatnya mengkalibrasi layar monitor anda.

Anda dapat mengkalibrasi monitor anda dengan tool yang disebut color calibrator atau colorimeter. Tool ini sangat mudah digunakan. Dua langkah sebelum anda mengkalibrasi monitor anda :


  1. Nyalakan monitor minimal 30 menit.
  2. Pastikan monitor anda berjalan pada resolusi aslinya yang merupakan resolusi tertinggi.


Cara tercepat dan termudah dalam mengkalibrasi layar monitor anda : tatap sejumlah pola uji dan gunakan layar monitor anda pada layar display (OSD) kontrol untuk mengatur kontras kecerahan, kecerahan, tingkat warna dan lain - lainya. Sebuah situs yang baik untuk pola tes gratis Lagom LCD monitor test pages. Situs ini akan membawa anda melalui serangkaian pola uji yang akan anda gunakan untuk mengatur layar monitor anda menggunakan kontrol OSD - kelompok tombol yang terletak di depan atau samping layar monitor anda.

Tapi bagaimana jika menggunakan laptop yang tidak memiliki tombol OSD.? Di Windows dan Mac OS X ada fitur utilitas yang bisa anda gunakan untuk mengkalibrasi layar monitor anda.

Di Windows, buka Control Panel lalu cari "Calibrate" lalu klik "Calibrate Display Color"

Sebuah jendela baru akan terbuka dengan tampilan tool Display Color Calibration. Ini langkah anda dasar anda mengatur gambar gamma, kecerahan, kontras dan keseimbangan warna. Untuk masing masing tool akan menampilkan contoh dari tingkat ideal pada layar monitor anda.

Bila anda sudah selesai dengan tweak anda, Display Color Calibration memungkinkan anda untuk membandingkan hasil kalibrasi dengan kalibrasi sebelumnya. Klik finish untuk melanjutkan pengaturan kalibrasi baru dan Windows akan membuat sebuah pitch untuk mengaktifkan Clear Type yang akan membuat teks lebih mudah dibaca.

Mac OS X.
Di Mac OS X, klik System Preferences -> Display lalu klik Color tab. Selanjutnya klik tombol Calibrate dan akan terbuka Display Color Assistant. Jendela ini akanmenuntun anda untuk mengkalibrasi layar monitor anda kemudian membuat profil warna.
Ada check box untuk memeriksa Expert Mode. Jika anda tidak akan menggunakan fitur ini maka abaikan saja, maka anda akan dibawa pada dua pengaturan yaitu target gamma dan titik putih. Dalam banyak kasus harus dibiarkan pada standar 2,2.
Klik Continue untuk menyelesaikan kalibrasi pada layar monitor anda.
Catatan : lakukan tweaking kalibrasi pada layar monitor anda setiap tiga bulan sekali, hal ini mampu untuk mengoptimalkan kemampuan layar monitor anda.



No comments:

Post a Comment